Skip to Content

Google AdWords Jawab Kebutuhan Pebisnis Kelas Menengah

Berapa pun anggaran yang dimiliki, Anda dapat menampilkan iklan di Google dan jaringannya. Bayar hanya jika pengguna mengklik iklan. Inilah penawaran yang dijanjikan Google lewat AdWords. Sasarannya siapa lagi kalau bukan para pengusaha menengah yang sedang menjangkau pasar lebih luas.

"Pangsa pasar iklan online di Inggris Raya lebih besar daripada iklan televisi," ujar Herman Chang, pakar dalam bidang mesin pencari, di seminar pengembangan bisnis UKM melalui Google Advertising Solutions, Jumat (4/12). Kondisi tersebut membuktikan kalau teknologi telah melekat dalam nadi bisnis dan perekonomian masyarakat.

Bagaimana dengan perkembangannya di Indonesia? Berdasarkan data internal Google, penggunaan internet di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 112 persen. Pengguna internet di Tanah Air menduduki peringkat kelima di Asia, sekaligus salah satu dari 20 negara pengguna internet tertinggi di dunia.

Pada 2000, pengakses dunia maya di Indonesia berjumlah dua juta orang. Namun di akhir September 2009, meningkat menjadi 30 juta. Malah diprediksi melonjak tajam terhitung 2010 mendatang. Jangkauan yang bisa dicapai Google lebih kurang 80 persen di seluruh dunia, dan kurang lebih 95 persen di Indonesia. Artinya, jika pemasang iklan menjangkau calon pembeli melalui online, kemungkinan untungnya lebih besar.

Dari statistik yang melesat itu, tampak kalau Google sebagai mesin pencari menawarkan one stop solution yang efektif dan efisien bagi pebisnis. Iklan AdWords yang digunakan bakal ditampilkan Google bersama dengan hasil penelusuran, sebagai kata kunci. Pemasang iklan juga dapat memilih penempatan konten, termasuk memilih format iklan seperti teks, gambar, dan video.

Bagaimana cara mengiklan dengan AdWords? Anda cukup membuat iklan dan memilih kata kunci, yakni kata atau frasa yang terkait dengan bisnis Anda. Bila pengguna melakukan penelusuran di Google menggunakan salah satu kata kunci Anda, iklan mungkin akan muncul di samping hasil penelusuran. Anda kini beriklan kepada peselancar yang sudah berminat pada Anda.

Orang cukup mengklik iklan untuk membeli dari atau mengetahui selengkapnya tentang Anda. Jika ada yang tertarik pada iklan yang dipasang, barulah Anda membayar. Manfaat buat pengiklan, ini adalah cara menanamkan branding produk yang dipasarkan.

Jadi, kalau teknologi Google menawarkan solusi yang mudah, buat apa berkutat dengan cara konvensional? Kini saatnya pengusaha menengah eksis menjangkau pasar yang luas.(OMI/ANS)

Sumber : Liputan6.com